Cara Cek NIK Yang KTPnya Di Catut

Cara

Cara Cek NIK Yang KTPnya Di Catut

Cara Cek NIK Yang KTPnya Di Catut

Cara
Cara Cek NIK Yang KTPnya Di Catut

hotnews – Ramai di media sosial (medsos) X warga DKI Jakarta membagikan tangkapan layar information kependudukan mereka berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dicatut untuk syarat pertolongan calon mandiri Dharma Pongrekun-Kun Wardana untuk Pilkada Jakarta 2024.

Data kependudukan milik dua anak dan adik Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun ikut kena catut. Hal ini dibagikan Anies lewat akun X @aniesbaswedan.

“Alhamdulillah, KTP saya aman. Tapi KTP dua anak, adik, termasuk beberapa tim yang bekerja mirip termasuk ikut dicatut masuk daftar pendukung calon independen,” kata Anies, Jumat (16/8/2024).

Memang, warga Jakarta bisa lakukan kontrol datanya secara mandiri terkait pertolongan ke dapat pasangan calon mandiri ini lewat laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilihan/cek_pendukung.

Masyarakat tinggal mengakses website selanjutnya dan dapat menemukan laman bersama dengan keterangan ‘Cek Pendukung Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah Perseorangan’.

Selanjutnya pada lama itu, warga bisa memasukkan NIK. Melakukan ceklis Captcha dan menekan tombol ‘Cari’ dan dapat keluar apakah information NIK Anda digunakan sebagai syarat pertolongan pada calon kepala daerah.

Cara Cek

Berikut cara cek information NIK terdaftar sebagai pendukung dapat Paslon Pilkada independen/perseorangan:

– Kunjung website formal KPU atau segera kunjungi laman keterangan Pemilu

– Masukkan nomer KTP atau NIK di kolom yang tersedia

– Ceklis dan verifikasi Captcha

– Klik cari

– KPU dapat beri tambahan Info apakah NIK yang dimasukkan terdaftar atau tidak sebagai pendukung dapat calon independen

Kaget

Sebelumnya, banyak warga Jakarta yang menyayangkan perihal pencatutan NIK mereka. Mereka menjelaskan tidak mulai udah beri tambahan pertolongan ke pasangan dapat calon kepala daerah jalan independen.

Semisal pemilik akun X @ayamdrempop yang menyertakan bukti tangkapan layar usai mengecek NIK miliknya di keterangan Pemilu. Dia mendapati datanya dicatut untuk pertolongan ke pasangan dapat calon mandiri Pilkada Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

“Gua gak tau ini siapa dan gua gak dulu mulai daftarin pertolongan gua ke orang ini (Dharma Pongrekun-Kun Wardana), tiba-tiba NIK gua dicatut sebagai pendukung dua orang ini bikin maju menjadi cagub DKI??????,” tulisnya.

Pengguna X lainnya @ezrahrn termasuk mengeluhkan hal yang sama. NIK-nya ikut dicatut sebagai pendukung Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Dia pun ikut menyertakan tanggapan layar sebagai bukti pencatutan.

“Gue termasuk kena, gue kembali di NTT. Yang benar aja lah,” tulisnya.

HotNews