Respons Jokowi soal Kaesang Klarifikasi

0
Respons

Respons Jokowi soal Kaesang Klarifikasi

Respons Jokowi soal Kaesang Klarifikasi

Respons
Respons Jokowi soal Kaesang Klarifikasi

HotNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat nada berkenaan langkah Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang mengklarifikasi penggunaan jet teristimewa ke Amerika Serikat (AS) bersama sang istri bulan lalu.

Menurut presiden, meski Kaesang adalah putra bungsunya, tetapi di mata hukum hal itu tidak tersedia perbedaan.

“Saya kan sudah mengemukakan semua warga negara serupa di mata hukum,” tegas Jokowi kepada awak sarana saat ditemui di JCC, Senayan, Rabu (18/9/2024).

Diberitakan sebelumnya, Kaesang mengaku soal jet teristimewa yang digunakan ke AS bersama sang istrinya bukan miliknya pribadi. Menurut dia, dirinya dan sang istri hanya menumpangi jet teristimewa berikut bersama standing nebeng.

“Penggunaan pesawat itu (jet pribadi) aku numpang atau bahasa bekennya nebeng, nebeng pesawatnya teman saya,” memahami Kaesang kepada awak sarana di Gedung Lama milik KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Selain itu, Kaesang menyatakan Kedatangan dirinya ke KPK sebagai sebuah inisiatif untuk meluruskan isu gratifikasi yang ramai diberitakan.

Dia menegaskan, isu gratifikasi tidak benar, karena dirinya hanya warga negara biasa dan bukan penyelenggara negara.

“Saya mengklarifikasi mengenai perjalanan aku di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat (AS), kedatangan aku ke KPK sebagai warga negara. Saya bukan penyelenggara negara,saya bukan pejabat,” tegas Kaesang.

KPK Angkat Bicara

Sementara itu, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengungkapkan inisial nama teman berasal dari Kaesang Pangarep yang berkenaan bersama penggunaan jet teristimewa tersebut. Menutut dia, inisial nama sosok berikut adalah Y.

“Inisial Y,” ujar Pahala di Kantor KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Sejauh ini, Pahala mengaku tidak memahami nama lengkap berasal dari sosok tersebut. Sebab saat proses klarifikasi, ketua umum PSI berikut hanya beri tambahan inisial saja.

“Nanti kami tanya, temennya siapa (nama lengkapnya). Kan beliau (Kaesang) bersedia ngasih informasi tambahan. Tadi bukan aku yang nanya, kalau aku yang nanya mah aku bertanya tentu (nama lengkapnya),” memahami Pahala.

Pahala juga menambahkan, dirinya juga belum memahami mengenai latar belakang sosok berinisial Y tersebut. Dia juga mengaku tidak memahami apakah sosok itu orang asli Indonesia atau luar negeri.

“Belum tahu,” singket Pahala.

Pelajari Keterangan Kaesang

Meski begitu, Pahala meyakinkan pihaknya bakal mempelajari dokumen dan info yang disampaikan Kaesang. Termasuk, andaikan wajib mengonfirmasi bersama sosok Y berkenaan hal ini.

“Nanti kami memandang ya, kami memandang ya, menjadi nanti kami konfirmasi lagi kayak apa,” dia menandasi.

Leave a Reply

HotNews