Pilkada HArus Tetap Rawat Persatuan dan Kesatuan

0
Pilkada

Pilkada HArus Tetap Rawat Persatuan dan Kesatuan

Pilkada HArus Tetap Rawat Persatuan dan Kesatuan

Pilkada
Pilkada HArus Tetap Rawat Persatuan dan Kesatuan

HotNews – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengimbau masyarakat untuk tetap memelihara persatuan.

Hal ini disampaikannya dalam rangka menghadapi Pilkada 2024.

Ade tak pungkiri bakal tersedia perbedaan politik satu diantara masyarakat yang memiliki hak pilih, khususnya di Pilkada 2024. Namun, menurut dia, hal berikut tak boleh hingga merusak kerukunan.

“Kita tetap memelihara kesatuan dan persatuan. Nanti ulang ulang fokus terhadap kehidupan yang baik, berlainan pilihan itu tentu namun yang mesti kita laksanakan adalah memelihara Kamtibmas, memelihara keutuhan bangsa,” kata Ade di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Dia menegaskan, Polda Metro Jaya siap mengamankan setiap tahapan Pilkada serentak. Dia terhitung mengajak peserta pilkada untuk turut sama-sama memelihara kondusifitas di lingkungan masing-masing.

“Bagi yang terlibat, yang mencalonkan diri mohon sama-sama kita memelihara ketertiban,” ucap Ade.

Dia pun menuturkan, Polda Metro Jaya udah laksanakan koordinasi lintas sektoral beragam pihak yang terlibat dalam pengamanan pilkada.

“Itu stakeholder udah dilibatkan seluruh rekan-rekan TNI, BIN, Pemprov DKI, KPUD, Bawaslu, tidak cuma Bawaslu DKI ya. Karena wilayah Polda Metro Jaya tersedia beberapa wilayah di Banten. Jadi Bawaslu Banten, Bawaslu Jawa Barat terhitung terlibat,” tandas dia.

Polisi Ajak Tokoh Adat dan Agama Antisipasi Konflik Sosial di Pilkada

Konflik sosial rentan berlangsung dalam tahapan penentuan kepala area (Pilkada). Perbedaan pilihan sanggup jadi pemicu apalagi jika tersedia pihak tak bertanggungjawab mengakibatkan isu-isu politik melalui kabar bohong atau hoax.

Polres Rokan Hulu sebagai tidak benar satu unsur pengamanan di Pilkada 2024, berharap masyarakat, khususnya tokoh agama dan tokoh adat, menyelesaikan secara cepat sebelum akan meluas.

“Apabila terjadi, pemuka masyarakat dan unsur pimpinan kecamatan mesti meminimalisir sehingga tidak meluas,” kata Kapolres Rokan Hulu Ajun Komisaris Besar Budi Setiyono SIK, Jum’at siang, 6 September

Hal berikut disampaikan Budi pas menggelar Jum’at Curhat dan Cooling System Pilkada Serentak di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu. Hadir unsur pimpinan kecamatan, tokoh adat dan tokoh agama.

Budi menjelaskan, perbedaan pilihan merupakan hal wajar dalam kontestasi Pilkada. Hal ini mesti disikapi bersama dengan baik sehingga perbedaan tidak jadi pemecah persatuan.

Masyarakat diminta jangan rela dipecah belah isu politik dan diprovokasi pihak tak bertanggungjawab. Apalagi isu itu sengaja diciptakan untuk menyudutkan tidak benar satu calon kepala daerah.

“Waspadai kampanye hitam selama tahapan Pilkada, jangan mudah yakin berita hoax dan jangan golput, wujudkan Pilkada damai,” kata Budi.

Pesan Damai

Tokoh masyarakat di Kecamatan Rambah Samo serta kecamatan lainnya di Rokan Hulu, diajak Budi mengemukakan pesan perdamaian selama tahapan Pilkada. Masyarakat diminta memelihara keadaan keamanan dan ketertiban.

“Mari Ciptakan Pilkada Kabupaten Rokan Hulu 2024 yang aman, sejuk dan kondusif,” imbau Eks Kasubdit Regident Direktorat Lantas Polda Riau ini.

Di segi lain, berkaitan bersama dengan musim kemarau yang udah berlangsung di Riau, Budi mengajak masyarakat sehingga membuka kebun ataupun lahan bersama dengan cara bijak. Jangan hingga membakar lahan untuk menghemat biaya.

Polisi memperlihatkan bakal menindak tegas warga yang membakar lahan. Hal ini dikerjakan sehingga Riau terbebas berasal dari bencana kabut asap.

Leave a Reply

HotNews